-->

INILAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI TAHUN 2030 YANG HARUS DIKETAHUI.!

Dampak Teknologi Baru pada tahun 2030, Global Trends 2030: Alternative Worlds, yang diterbitkan oleh National Intelligence Council AS, empat arena teknologi akan membentuk perkembangan ekonomi, sosial, dan militer global pada tahun 2030. Teknologi informasi, otomatisasi dan teknologi manufaktur, teknologi sumber daya, dan kesehatan teknologi.

Teknologi Informasi
Tiga perkembangan teknologi dengan fokus TI memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita hidup, berbisnis dan melindungi diri kita sendiri sebelum tahun 2030.

1. Solusi untuk penyimpanan dan pemrosesan data dalam jumlah besar, termasuk "data besar", akan memberikan peluang lebih besar bagi pemerintah dan organisasi komersial untuk "mengetahui" pelanggan mereka dengan lebih baik. Teknologi ada di sini tetapi pelanggan mungkin keberatan dengan pengumpulan begitu banyak data. Bagaimanapun, solusi ini kemungkinan akan menjadi ledakan ekonomi yang akan datang di Amerika Utara.

2. Teknologi jejaring sosial membantu pengguna individu untuk membentuk jejaring sosial online dengan pengguna lain. Mereka menjadi bagian dari struktur eksistensi online, karena layanan terkemuka mengintegrasikan fungsi sosial ke dalam hal-hal lain yang mungkin dilakukan individu secara online. Jaringan sosial memungkinkan komunikasi yang bermanfaat serta berbahaya di berbagai kelompok pengguna dan batas geopolitik.


BACA JUGA : 




3. Kota pintar adalah lingkungan perkotaan yang memanfaatkan solusi berbasis teknologi informasi untuk memaksimalkan produktivitas ekonomi dan kualitas hidup masyarakat sambil meminimalkan konsumsi sumber daya dan degradasi lingkungan.

Otomasi dan teknologi manufaktur
Karena manufaktur telah menjadi global dalam dua dekade terakhir, ekosistem global dari produsen, pemasok, dan perusahaan logistik telah terbentuk. Teknologi manufaktur dan otomatisasi baru memiliki potensi untuk mengubah pola kerja di dunia maju dan berkembang.

1. Robotika saat ini digunakan dalam berbagai aplikasi sipil dan militer. Lebih dari 1,2 juta robot industri sudah dalam operasi harian di seluruh dunia dan ada peningkatan aplikasi untuk robot non-industri. Militer AS memiliki ribuan robot di medan perang, rumah robot vakum rumah dan memotong rumput, dan rumah sakit koridor patroli robot dan mendistribusikan persediaan. Penggunaannya akan meningkat di tahun-tahun mendatang, dan dengan kemampuan kognitif yang ditingkatkan, robotika dapat sangat mengganggu sistem rantai pasokan global saat ini dan alokasi pekerjaan tradisional di sepanjang rantai pasokan.

2. Teknologi pencetakan 3D (manufaktur aditif) memungkinkan sebuah mesin untuk membangun objek dengan menambahkan satu lapis material pada satu waktu. Pencetakan 3D sudah digunakan untuk membuat model dari plastik di sektor-sektor seperti produk konsumen dan industri mobil dan kedirgantaraan. Pada tahun 2030, pencetakan 3D dapat menggantikan beberapa produksi massal konvensional, khususnya untuk produksi singkat berjalan atau di mana mass customization memiliki nilai tinggi.

3. Kendaraan otonom sebagian besar digunakan hari ini di militer dan untuk tugas tertentu misalnya di industri pertambangan. Pada tahun 2030, kendaraan otonom dapat mengubah operasi militer, resolusi konflik, transportasi dan geo-prospecting, sementara secara bersamaan menghadirkan risiko keamanan baru yang mungkin sulit untuk ditangani. Di tingkat konsumen, Google telah menguji selama beberapa tahun terakhir sebagai mobil tanpa pengemudi.


BACA JUGA :




Teknologi sumber daya
Kemajuan teknologi akan diperlukan untuk mengakomodasi peningkatan permintaan untuk sumber daya karena pertumbuhan populasi global dan kemajuan ekonomi di negara-negara terbelakang saat ini. Kemajuan seperti itu dapat mempengaruhi nexus makanan, air dan energi dengan meningkatkan produktivitas pertanian melalui berbagai teknologi termasuk pertanian presisi dan tanaman rekayasa genetika untuk makanan dan bahan bakar. Teknologi sumber daya baru juga dapat meningkatkan pengelolaan air melalui desalinasi dan efisiensi irigasi; dan meningkatkan ketersediaan energi melalui peningkatan ekstraksi minyak dan gas serta sumber energi alternatif seperti tenaga surya dan angin, serta bahan bakar nabati. Teknologi komunikasi yang luas akan membuat efek potensial dari teknologi ini pada lingkungan, iklim dan kesehatan yang diketahui oleh populasi yang semakin terdidik.

Teknologi kesehatan
Manajemen penyakit akan menjadi lebih efektif, lebih personal dan lebih murah melalui teknologi baru yang memungkinkan seperti alat pendeteksi diagnosa dan patogen. Sebagai contoh, perangkat diagnostik molekuler akan menyediakan cara pengujian yang cepat untuk penyakit genetik dan patogen selama operasi. Tes genetik yang tersedia akan mempercepat diagnosis penyakit dan membantu dokter memutuskan pengobatan yang optimal untuk setiap pasien.

Labels: OPINI

Anda baru saja membaca artikel INILAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI TAHUN 2030 YANG HARUS DIKETAHUI.!. Silakan share artikel ini ke media sosial anda.

Bagikan:

0 Komentar untuk "INILAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI TAHUN 2030 YANG HARUS DIKETAHUI.!"

close