-->

EBOOK : MISTERI CIA DIBALIK GERAKAN 30 SEPTEMBER

Memorandum kepada Presiden Johnson di Washington, 1 Oktober 1965, 7:20 pagi

Sebuah gerakan yang berkekuatan mungkin bisa menyebabkan implikasi yang yang sangat jauh terjadi di Jakarta. yang dilakukan oleh Kelompok yang menamakan dirinya "Gerakan 30 September" mengklaim sudah mencegah "kudeta jenderal' yang terjadi di Indonesia. Sejumlah jenderal serta politisi telah ditangkap, dan kediaman Menteri Pertahanan yaitu Jenderal Nasution dan Panglima ABRI yaitu Jenderal ahmad Yani berada dibawah pengawasan tentara.

dengan Keputusan yang dikeluarkan Letkol. Untung, yang mana Komandan Pasukan Pengawal Presiden RI menyatakan bahwa pemerintah dan kepemerintahan akan diatur oleh Dewan Revolusi Indonesia. Menurut keputusan yang dikeluarkan tersebut, dewan segera meneruskan kebijakan pemerintah yang sudah ada dan keanggotaan dewan segera diumumkan.

Belum ada keterangan yang mengenai peran aktif Presiden Soekarno. melalui Radio pemerintah RRI dengan pertama kali mengumumkan bahwa Gerakan 30 September tersebut diorganisir sebagai bentuk untuk "menyelamatkan Presiden Soekarno yang kesehatannya mengkhawatirkan." Gerakan 30 September ini kemudian menyatakan bahwa presiden Soekarno aman dan "akan terus menjalankan kepemimpinan sebagai kepala negara."

Gerakan 30 September ini kemudian mengklaim rencana kudeta yang dilakukan oleh para Jenderal itu berasal dari Amerika. telepon eksternal yang berada di Kedutaan AS sempat terputus selama 3 jam sebelum RRI menyampaikan mengumumkan bahwa "kudeta" telah digagalkan. sementara tentara ditempatkan di kantor Kedutaan AS.

ada Tujuan yang ingin segera dicapai oleh kelompok yang menamakan Gerakan 30 September adalah untuk menyingkirkan dan menghilangkan setiap peran politik yang dilakukan oleh elemen-elemen ABRI dan yang anti-komunis dengan merubah kepemimpinan ABRI. Tindakan terhadap elemen ABRI ini tampaknya sudah direncakan di luar Jakarta. dan Masalah ini bisa saja digunakan untuk membentuk aktivitas baru yang menjadi anti- Amerika.

kelihatannya Soekarno tahu sejak awal dari gerakan ini serta tujuannya. Namun langkah terpenting yang menyangkut timing dan detailnya dari rencana dipegang oleh Wakil I Perdana Menteri yaitu Subandrio dan pemimpinan komunis yang sangat dekat dengan Soekarno


Labels: REFERENSI

Anda baru saja membaca artikel EBOOK : MISTERI CIA DIBALIK GERAKAN 30 SEPTEMBER. Silakan share artikel ini ke media sosial anda.

Bagikan:

0 Komentar untuk "EBOOK : MISTERI CIA DIBALIK GERAKAN 30 SEPTEMBER"

close