-->

3 ISU YANG MENGUATKAN GERAKAN PKI



ada beberapa isu yang digulirkan untuk memperkuat gerakan PKI ditahun 1965

1. Isu Dewan Jenderal
dengan adanya Isu Dewan Jenderal yang dijadikan sebuah isu politik yang dipopulerkan oleh PKI melalui beberapa media sayap kiri yang dimiliki PKI, seperti media Harian Rakyat yang diketuai oleh Njoto, yang merupakan wakil Ketua CC PKI.

dengan meletus peristiwa 30 September 1965, dan pada tanggal 1 Oktober dengan lugas dan lengkap pemberitaan yang dikeluarkan oleh Harian Rakyat yang membahas peristiwa tersebut.
Dewan Jenderal adalah julukan yang ditujukan kepada beberapa petinggi Angkatan Darat Indonesia yang merasa tidak puas terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno. Menurut pihak PKI, Dewan Jenderal berusaha untuk melakukan kegiatan kudeta di 5 Oktober 1965.


2. Isu sakitnya Bung Karno
berkembang kabar mengenai tentang kondisi kesehatan Presiden Sukarno pada tahun 1964. Berkaitan kabar yang berkembang tapi belum teruji ini, kemudian PKI menggunakan kabar tersebut untuk memojokan Dewan Jenderal dengan diisukan bahwa dewan jenderal akan melakukan kudeta sebelum kematian Presiden Soekarno.

Kabar tentang kesehatan Bung Karno ini sendiri didapatkan dari laporan seseorang yang merupakan tim medis presiden yang berasal dari Tiongkok.

3. Pembentukan Angkatan Ke-5 dan Konfrontasi Malaysia.
ada isu tentang Pembentukan Angkatan Ke-5 yang menjadi sebuah gagasan dan mencuat menjelang terjadinya kudeta pada 30 September 1965.

Ide untuk membentuk Angkatan Ke-5 ini berasal dari kesediaan Perdana Menteri Tiongkok, yaitu Zhou Enlai yang menjanjikan 100.000 pucuk senjata ringan gratis sebagai bentuk dukungan terhadap konfrontasi yang sedang dilakukan oleh Indonesia .


Kemudian PKI memberikan usulan pada Presiden Soekarno untuk membentuk angkatan bersenjata baru diluar TNI yaitu dengan mempersenjatai rakyat yaitu buruh dan petani ini sebagai bentuk pertahanan dan peningkatan kekuatan sukarelawan guna untuk mendukung Konfrontasi dengan Malaysia. Ide ini kemudian mendapatkan penolakan dari pihak petinggi Angkatan Darat. Menurut petinggi Angkatan Darat, pembentukan kesatuan baru diluar Angktan yang ada, dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan pertahanan nasional.

pada akhirnya Angkatan Darat menyetujui pembentukan Angkatan Ke-5 dengan syarat bahwa bukan hanya terdiri dari buruh dan petani, tetapi semua elemen masyarakat juga harus dipersenjatai.

PKI kemudian menudinhg bahwa Angkatan  Darat kontra revolusi dan tidak mau mendukung penuh terhadap konfrontasi Malaysia.

Hal ini juga dapat diangggap benar, karena menjelang tahun 1964, beberapa pihak dari kalangan Angkatan Darat secara tertutup melakukan komunikasi dengan Malaysia guna untuk meredakan dan menyelesaikan konflik yang terjadi.

Labels: REFERENSI

Anda baru saja membaca artikel 3 ISU YANG MENGUATKAN GERAKAN PKI. Silakan share artikel ini ke media sosial anda.

Bagikan:

0 Komentar untuk "3 ISU YANG MENGUATKAN GERAKAN PKI"

close