-->

28 SEPTEMBER, HARI RABIES SE DUNIA



Hari Ini 28 September, Hari Rabies Sedunia

Dalam beberapa tahun terakhir kasus rabies sudah sangat jarang di temukan pada masa kini, namun demikian virus rabies ini merupakan salah satu diantara penyakit paling mematikan yang pernah ada.

penyakit ini Disebabkan oleh virus yang umumnya bisa menginfeksi hewan mamalia khususnya pada anjing dan saat virus mencapai otak, maka kesembuhan yang diakibatkan virus ini nyaris mustahil disembuhkan. tapi tidak perlu khawatir karena Kita dapat mencegah penyakit rabies ini dengan melakukan vaksinasi pada hewan mamalia peliharaan kita.

yang paling umum yaitu berupa memberiakan Kontrol rutin terhadap hewan peliharaan kita khususnya anjing. dengan demikian ada juga di alam liar yang masih banyak jenis hewan dapat menularkan virus rabies ini. Hanya saja sampai saat ini belum ada peta grafik penyebaran hewan berpotensi rabies di Indonesia.


termasuk Salah satu tantangan besar dalam menghadapi penyakit rabies ini adalah vaksin anti rabies (VAR) yang belum tersebar merata dan ketersediannya juga masih dengan harga yang mahal.

Kematian yang diakibatkan oleh virus  rabies ini tentunya masih dapat dicegah. tentunya Pertolongan pertama sangatlah penting pada setiap gigitan hewan mamalia khususnya anjing peliharaan, bukan hanya pada gigitan anjing saja tapi juga hewan mamalia lainnya seperti kucing dan lain-lain. oleh karena itu setiap gigitan hewan harus dikaji dan diperiksa oleh staf medis yang berpengalaman atau dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

pertolongan pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara Segera mencuci luka dengan air mengalir dan sabun karena ini merupakan tindakan awal yang tepat dan harus secepatnya, setidaknya sekitar lima belas menit sebelum korban gigitan hewan diantarkan menuju fasilitas layanan kesehatan terdekat.


tindakan kedua Jangan pernah menunda setelah digigit hewan, semakin cepat mendapatkan pertolongan medis maka akan semakin baik. Khususnya jika wilayah yang memiliki riwayat kasus rabies.

bagi lingkungan banyak terdapat hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dengan melakukan vaksinasi terhadap populasi hewan peliharaan dapat melenyapkan keberadaan dan ancaman terhadap virus rabies.

dengan demikian penyakit yang diakibatkan oleh virus rabies dapat diminimalisir atau bahkan dapat dicegah jauh - jauh hari, ini juga perlu adanya kesadaran bagi setiap masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

Labels: BERITA, OPINI

Anda baru saja membaca artikel 28 SEPTEMBER, HARI RABIES SE DUNIA. Silakan share artikel ini ke media sosial anda.

Bagikan:

0 Komentar untuk "28 SEPTEMBER, HARI RABIES SE DUNIA"

close